Rabu, 04 Mei 2011

Pendidik

Dalam Proses pendidikan, pendidik memegang peran yang sangat penting dan menentukan dalam mencapai tujuan pendidikan. pendidik merupakan orang dewasa baik secara kodrati (orang tua) maupun secara profesi (menjadi pendidik karena tugas jabatan) bertanggung jawab dalam menumbuhkembangkan anak didik.
Pendidik merupakan orang dewasa yang membimbing agar anak dapat mencapai kedewasaannya. pendidik merupakan orang yang bertanggung jawab terhadap pelaksanaan pendidikan dengan sasarannya adalah anak didik. anak didik mengalami pendidikannya dalam tiga lingkungan yaitu ; lingkungan keluarga, lingkungan sekolah dan lingkungan masyarakat. oleh karena itu, yang bertanggung jawab terhadap pendidikan anak didik di lingkungan keluarga adalah orang tua, di lingkungan sekolah adalah guru dan di lingkungan masyarakat adalah orang-orang yang terlibat dalam kegiatan pendidikan. seperti dikemukakan oleh Langeveld (1980): tiap-tiap pergaulan antara orang dewasa (orang tua, guru, dsb) dengan anak merupakan lapangan atau suatu tempat dimana perbuatan mendidik berlangsung.
dalam mencapai keberhasilan pendidikan, pendidik memiliki peran yang menentukan, sebab bisa dikatakan pendidik merupakan kunci utama terhadap kesuksesan pendidikan. untuk itu seorang pendidik harus memenuhi persyaratan tertentu yang memadai, ciri-ciri yang berbeda dibandingkan dengan profesi lain. membawa anak kepada kedewasaannya bukan hanya sekedar dengan nasihat, anjuran, perintah, dan larangan saja, melainkan yang pertama-tama ialah dengan gambaran kedewasaan yang senantiasa dibayangkan oleh anak dalam diri pendidiknya, didalam pergaulan antara pendidik dan anak didik.

0 komentar: